Piala dunia FIFA 2018 yang akan diselenggarakan pada 14 juni mendatang akan menjadi piala dunia yang ke-21 kalinya. piala dunia ini akan berlangsung hingga 15 juli 2018 dan yang akan menjadi tuan rumah pada piala dunia kali adalah Rusia (pemilihannya berlangsung pada tanggal 2 Desember 2010 lalu). Bagi anda yang berminat membaca berita bola piala dunia bisa di website TokePrediksi ini yang selalu update setiap saat.

Pada perputaran final piala dunia kali ini akan melibatkan 32 tim nasional, yang terdiri dari 31 tim yang sebelumnya telah lolos melalui babak kualifikasi dan tuan rumah Rusia yang lolos secara otomatis.

Pemilihan tuan rumah piala dunia FIFA 2018

Pemilihan tuan rumah sudah mulai diselenggarakan sejak bulan januari 2009, pada awalnya terdapat 7 negara yang mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah, negara-negara non-UEFA seperti Jepang, Amerika Serikan dan Australia secara bertahap mundur dari pemilihan tuan rumah dan yang tersisa adalah Inggris, Rusia, Spanyol/Portugal dan Belanda/Belgia.

Pada pemilihan tuan rumah tersebut, terdapat 22 anggota komite Eksekutif FIFA ikut serta memberikan suaranya pada saat pemilihan dan akhirnya yang menjadi tuan rumah adalah Rusia, sedangkan Spanyol/Portugal berada pada urutan kedua dan disusul oleh Belgia/Belanda yang menempati urutan ketiga.

Pemilihan tuan rumah Piala dunia FIFA 2018 dibagi menjadi 2 Putaran.

Pada putaran pertama Rusia mendapatkan skor poin suara sebanyak 9 point, diikuti posisi kedua Portugal/Spanyol yang mendapatkan 7 poin, untuk Belgia/Belanda mendapatkan 4 poin dan inggris cuma mendapatkan 2 poin saja.

Selanjutnya pada putaran ke-2 posisi Rusia sebagai pemegang poin terbanyak tidak bisa dikalahkan lagi, malah skor untuk Rusia semakin meningkat yaitu mendapatkan 13 poin, sedangkan portugal masih tetap medapatkan 7 poin, belgia/belanda mendapatkan 2 poin, dan inggris langsung tersingkir dari pemilihan tuan rumah tersebut.

Tahapan Kualifikasi Piala dunia FIFA 2018

Proses Kualifikasi ini pertama kali dilakukan dalam sejarah Piala Dunia FIFA, pertandingan kualifikasi dimulai dikota Dili, Timor Leste pada tanggal 12 maret 2015 sebagai bagian dari kualifikasi pada zona Asia. seluruh negara yang telah memenuhi syarat – 209 asosiasi anggota FIFA mengikuti proses kualifikasi ini.

Proses Pengundian

Proses pengundian piala dunia FIFA 2018 dilaksanakan pada 1 Desember 2017 bertempat di intana Negara Kremlin, pada saat proses pengundian, tim peserta dibagi kedalam 4 pot berdasarkan pada peringkat Dunia FIFA.

Pada port pertama terdapat negara Rusia yang menjadi tuan rumah piala dunia FIFA 2018, Jerman, Brasil, Portugal, Argentina, Belgia, Polandia dan Perancis.

Pada port kedua terdapat Negara Spanyol, Peru, Swiss, Inggris, Kolombia, Meksiko, Uruguay dan Kroasia.

Pada Por Ketiga terdapat Negara Denmark, Islandia, Kosta Rika, Swedia, Tunisia, Mesir, Senegal dan Iran.

Pada Port keempat terdapat Negara Sebia, Nigeria, Australia, Jepang, Maroko, Panama, Korea Selatan dan Arab Saudi.

Skuat

Setiap tim harus mendaptarkan Skuat awal mereka dengan jumlah 30 orang pemain dan Skuat Akhir berjumlah 23 orang pemain. Pemain dalam sekuat akhir bisa digantikan jika ada pemain yang mengalami cidera serius, pemain bisa digantikan oleh pemain lain yang bukan berada pada skuat awal.

Para pemain yang berada pada Skuat awal akan diberikan masa istirahat wajib yang berlangsung pada tanggal 21 – 27 mei 2018, namun bagi pemain yang terlibat didalam Final Liga Champion UEFA 2018 harus ikut bermain pada tanggal 26 mei 2018 nanti, pada bulan februari kemarin telah diumumkan jumlah Pemain awal pada Skuat awal ditambahkan, yang awalnya hanya 30 pemain saja bertambah menjadi 35 pemain. Jika anda telah menentukan tim kesayangan anda, maka kini kesempatan anda untuk merubahnya menjadi keuntungan dengan bergabung bersama agen bola piala dunia di TokePrediksi.

Tempat Penyelenggaraan Piala Dunia FIFA 2018

Rusia menawarkan 13 kota yang nantinya akan dijadikan tuan rumah, diantaranya :

  1. Kaliningrad
    Kalinigrad merupakan ibu kota Oblast Kaliningradskaya, daerah ini merupakan sebuah daerah administratif Federasi Rusia yang letaknya diantara negara Polandia dan Lithuania. pada stadion Kaliningrad hanya bisa menampung kapasitas penonton sebanyak 35.212 dan merupakan stadion baru.
  2. Kazan
    Kazan merupakan ibukota Tatarstan dan merupakan salah satu kota terbesar yang ada di Rusia. Kota ini dijadikan sebagai pusat industri, budaya dan perdagangan, Kazar terletak di pertemuan Kazanka dan Volga dirusia. pada stadion Kazan Arena dapat menampung jumlah penonton sebanyak 45.379 jiwa.
  3. Krasnodar
    Krasnodar merupakan kota yang terletak pada sebelah tengan rusia, Jumlah penduduk pada kota ini berjumlah 649.000 jiwa.
  4. Maskwa (Mosko)
    Merupakan kota Federasi Rusia yang menjadi pusat ekonomi, politik, budaya dan sains dari negara Rusia.
  5. Nizhny Novgorod
    kota ini merupakan kota tersebesar ke-4 yang berada pada Negara Rusia, kota ini juga merupakan pusat Ekonomi dan budaya daerah Volga-Vyatka, serta menjadi pusat administrasi dari oblast Nihny Novgorod. pada stadion Nizhnly Novgorod kapasitas penampungan penonton mereka berjumlah 44.899 jiwa.
  6. Rostov na Donu
    Rostov na Donu adalah pusat Administratif kabupaten Rostov dan juga Disktrik Federal selatan Rusia. jumlah penduduk yang tinggal di Rostov na Donu saat ini berjumlah 1.099.500 jiwa. pada stadion Rostov na Donu, kapasitas penonton yang bisa ditampung berjumlah 45.000 orang.
  7. Sankt-Peterburg
    Merupakan salah satu kota pederasi rusia, sebelumnya kota ini dikenal dengan nama Petrograd dan Legingras pada tahun 1914 – 1924. untuk stadion Sankt-Peterburg ini memiliki kapasitas penonton sejumlah 68.134 orang.
  8. Samara
    Merupakan sebuah kota besar yang terletak pada tepi sungai Volga yang berada disebelah tenggara Distrik Federal Volga wilayah Eropa – Rusia. Jumlah penonton yang bisa ditampung pada Cosmos Area (Samara Area) berjumlah 44.918 orang.
  9. Saransk
    Saransk merupakan kota dan ibukota dari mordovia, kota ini terletak pada 630 km di sebelah timur Moskwa. Jumlah penonton yang bisa ditampung pada Stadion Mordovia Area berjumlah 44.442 orang.
  10. Sochi
    Merupakan salah satu kota tujuan wisata yang berada pada negara Rusia, letak kota ini berada pada Krasnodar Krai, didekat perbatasan Rusia dengan Abkhazia, Georgia. Jumlah penonton yang bisa ditampung pada Stadion Olimpiade Firhs berjumlah 47.659 orang.
  11. Volgograd
    Pada Stadion Volgograd Area, kapasitas penonton yang bisa ditampung berjumlah 45.568 orang.
  12. Yaroslavl
    Yaroslavl terletak pada bagian utara rusia, dengan jumlah penduduk yang ada disana berjumlah 639.000 orang.
  13. Yekaterinburg
    Adalah kota terbesar keempat yang berada dinegara rusia dengan jumlah penduduk yang cukup besar yaotu 1.398.889 orang, nama stadion yang nantinya akan digunakan pada Yekaterinburg adalah Stadion Sentral, dapat nempung 35.696 orang penonton.

Dari semua stadion itu, yang nantinya akan digunakan adalah Stadion Luzhniki di Moskwa dan Stadion Sankt-Petersburg, masing-masing studion tersebut akan menggelar 7 pertandingan.

Pada Stadion Sochi, Nizhny Novgorod, Samara dan Kazan akan menggelar 6 pertandingan dengan masing masing studion tersebut akan digunakan pada saat masuk pertandingan perempat final.

Untuk Studion Otkrytiye dan Rostov na Donu akan menggelar 5 pertandingan, masing-masing area tersebut akan ada satu pertandingan babak 16 besar dan pada Studion Volgograd, Kaliningrad, Saransk dan Yekatering akan menggelar masing-masing 4 pertandingan.

Oke, mungkin itu saja informasi yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawsan anda mengenai Piala dunia FIFA 2018 yang akan berlangsung pada bulan juni nanti dan jangan lupa untuk membaca prediksi bola piala dunia tahun ini di TokePrediksi.
Terima Kasih 🙂